Kisi-Kisi Soal Tes CPNS, Cek Pengumuman Kelulusan Seleksi Administrasi di Sscn

CPNS 2018 - Kisi-Kisi Soal Tes CPNS, Cek Pengumuman Kelulusan Seleksi Administrasi di Sscn

Tribun Jogja

Ilustrasi

Pengumuman kelulusan seleksi administrasi CPNS usai pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id dilaksanakan mulai 16 Oktober hingga 21 Oktober 2018.

Selain melalui situs resmi sscn.bkn.go.id, pengumuman kelulusan seleksi administrasi CPNS juga bisa dipantau melalui situs resmi instansi yang dituju dan juga melalui email.

Nah bagi yang sudah dinyatakan lulus, bisa mempersiapkan tes CPNS melalui latihan contoh soal tes CPNS.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) membagikan kisi-kisi tes CPNS dan penilaian Standar Kompetensi Dasar setelah pendaftaran CPNS 2018 via sscn.bkn.go.id ditutup Senin, (15/10/2018).

Adapun tahap baru lagi yang harus dilewati peserta Pendaftaran CPNS 2018 setelah mendaftarkan diri mereka di sscn.bkn.go.id.

Tahapan tersebut adalah pelaksanaan tes Standar Kompetensi Dasar (SKD) yang dilaksanakan lewat Computer Assisted Test.

Dari akun Twitter BKN tes SKD lewat CAT untuk CPNS 2018 terdiri dari:

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

TWK dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. NKRI.

Tes tersebut mencakup sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peran bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

2. Tes Inteligensia Umum (TIU)

Sedangkan TIU dimaksudkan untuk menilai intelegensia peserta seleksi.

Pertama, kemampuan verbal atau kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan.

Selain itu, kemampuan numerik, atau kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.

Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal ini akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0).

TIU juga untuk menilai kemampuan figural, yakni kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram.

Selain itu juga kemampuan berpikir logis, atau penalaran secara runtut dan sistematis, serta kemampuan berpikir analisis, atau kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal ini akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0).

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Kelompok soal ketiga adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Soal-soal dalam kelompok soal ini mencakup hal-hal terkait dengan pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi.

Selain itu, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas.

Juga kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, bekerjasama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Berbeda dengan dua kelompok soal sebelumnya, TWK dan TIU, nilai untuk kelompok soal ini terbesar 5 dan tidak ada nilai nol (0) untuk setiap jawaban.

Karena itu, peserta diimbau untuk menjawab seluruh soal TKP.

Melalui akun twitter resmi BKN juga menuliskan nilai yang harus dipenuhi pelamar untuk bisa memenuhi passing grade Formasi Umum.

"SKD: 35 soal TWK, 30 TIU, & 35 TKP.

Nilai 5 jika benar & 0 jika salah dlm TWK & TIU; TKP jawaban bernilai 1~5.

U/ penuhi passing grade Formasi Umum, cukup jawab benar 15 TWK, 16 TIU, & 29 TKP bernilai 5.

Formasi lainnya? Sabar, masih ada esok. Jangan lupa bahagia, cheers".

Bagi yang belum mengetahui hasil kelulusan verifikasi administrasi, dikutip dari tribunnews.com, masih ada 3 tahapan lanjutan usai pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id. Yakni:

1. Pengumuman hasil seleksi administrasi

Mengacu alur CPNS 2018 yang diiinformasikan di sscn.bkn.go.id, tahapan selanjutnya usai pendaftaran CPNS 2018 adalah pengumuman seleksi administrasi.

Waktu pengumuman seleksi administrasi berbeda-beda sesuai instansi masing-masing yang dituju oleh pelamar.

Namun, mayoritas instansi mengumumkan hasil seleksi administrasi dalam rentang waktu antara 18 Oktober hingga 25 Oktober 2018.

Sebagai contoh, untuk Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), pengumuman seleksi administrasi CPNS 2018 dilakukan pada 19 Oktober 2018.

Untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), hasil seleksi administrasi CPNS 2018 dimumkan pada 23 Oktober 2018.

Pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2018 Kemendikbud itu bakal lengkap dengan waktu dan lokasi tes SKD, yang merupakan tahapan seleksi selanjutnya.

Adapun instansi lain seperti Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bakal mengumukan hasil seleksi administrasi pada 23 Oktober 2018

Berbeda dengan Kementerian Keuangan yang bakal mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS 2018 Kemenkeu pada 21 Oktober 2018.

Oleh karena itu, cek masing masing laman instansi yang kamu daftar ya untuk mengetahui jadwal pengumuman seleksi adminstrasi CPNS 2018.

2. Mencetak Kartu Ujian di sscn.bkn.go.id

Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi, tahapan selanjutnya adalah kamu mencetak kartu ujian di portal sscn.bkn.go.id.

Mengacu buku panduan CPNS 2018 yang dikeluarkan BKN, cara mencetak kartu ujian, klik menu Riwayat pada kolom Kartu Peserta, klik tombol yang tersedia.

Kartu ujian akan tampil bagi pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Kartu itu kemudian digunakan untuk mengiktui tes SKD sesuai tempat dan waktu yang ditentukan.

3. Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Setelah mencetak kartu ujian, kamu selanjutnya bakal mengikuti tes SKD.

Tes SKD dilakukan dengan CAT (Computer Assisted Test).

Pelaksanaan tes SKD dilakukan pada 26 Oktober hingga 17 November 2018.

Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) 2018 menyiapkan 873 titik lokasi tes yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Dikutip dari laman resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), www.bkn.go.id, untuk keperluan tes SKD, selain fasilitas Computer Assissted Test (CAT) dari BKN, Panselnas juga akan menggunakan fasilitas CAT Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, dari jumlah itu, 237 titik diantaranya milik atau yang diusahakan oleh BKN dan 636 titik merupakan fasilitas UNBK Kemendikbud.

“Dengan jumlah itu, diharapkan pelamar semakin dekat dengan lokasi tes CPNS Tahun 2018,” ujarnya di Jakarta, Kamis (11/10).

noor masrida

0 comments:

Post a Comment